ja_mageia


  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home phpl/sfm Produksi Pembinaan Hutan TPTJ

 

 

PEMBINAAN HUTAN SISTEM TPTJ DENGAN TEKNIK SILVIKULTUR INTENSIF

Pelaksanaan kegiatan pembinaan hutan dengan sistem TPTJ di IUPHHK-HA PT. Sari Bumi Kusuma meliputi:

§ Pengadaan Bibit

(lihat persemaian)

§ Penyiapan Lahan

Kegiatan penyiapan lahan sistem TPTJ terdiri dari pembuatan jalur tanam pada areal bekas tebangan selebar 3 meter arah utara-selatan atau timur-barat, dan penebangan pohon yang menaungi jalur tanam serta menebas anakan alam pada jalur tanam, sedangkan pohon-pohon jenis dilindungi dan komersil tetap dipertahankan.

§ Penanaman

Proses regenerasi tanaman dilakukan pada lahan yang telah disiapkan dengan tujuan  untuk menunjang kelestarian produksi, dan konservasi lingkungan. Sejak dimulainya kegiatan TPTJ dari tahun 1999 sampai tahun 2011, kegiatan penanaman sudah dilakukan pada areal seluas 45.476 ha dengan jumlah tanaman 3.950.385 batang.

§ Pemeliharaan Tanaman dan Perlindungan Hama/Penyakit Hutan

Kegiatan pemeliharaan tanaman terdiri dari pembersihan gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya agar dapat mengurangi persaingan terhadap pengambilan hara serta memberikan ruang tumbuh yang cukup, sehingga fotosintesis berjalan optimal.

Kegiatan pemeliharaan tanaman dibagi dalam 2 tahap, yaitu:

- Pemeliharaan Awal; penyulaman, penyiangan, pendangiran dan pemulsaan.

- Pemeliharaan lanjutan; pembebasan tanaman dari tanaman lain agar tanaman operasional tumbuh optimal, dan penjarangan untuk mendapatkan hasil tanaman dengan kualitas yang baik.

 

 
Saturday, 18 November 2017

Certificate

certificate
Satu dari sekian banyak hal yang menyumbang kebahagiaan seseorang adalah silaturahmi yang menghasilkan ilmu dan semangat baru.