ja_mageia


  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home phpl/sfm Litbang Penelitian Produksi

PENELITIAN BIDANG PRODUKSI


Pengamatan Petak Ukur Permanen

Petak Ukur Permanen (PUP) dibuat untuk mengetahui riap (diameter dan volume), dan juga proses suksesi hutan sesuai dengan kondisi awalnya. PUP yang telah dibangun adalah:

§ PUP Seri I TPTI : Petak W.33 Km. 67 cabang C

§ PUP Seri II TPTI : Petak II. 33 Km. 81 cabang C

§ PUP Seri TPTII : Km. 50 cabang B

§ PUP Seri I TPTJ : Petak 2.K dan 2.Q Km 85 cabang B

§ PUP Seri II TPTJ : Km. 95 cabang Sungai Makar

Selain PUP Seri, juga dibuat 16 PUP TPTJ berdasarkan Land System yang mewakili 5 ekosistem alami di beberapa lokasi blok bekas tebangan, yaitu;


§ Land System Pakalunai: Petak 1.P, 1.N, 4.K, 4.M, 5.H, 5.W, 6.CC

§ Land System Honja: Petak 2.S, 2.Q, 2.P, 7.V

§ Land System Bukit Pandan: Petak 2.J, 2.O

§ Land System Rangankau: Petak 8.C, 8.H

§ Land System Juloh: Petak 8.S


Pengamatan Permanent Sample Plot Dampak Kegiatan Eksploitasi

Permanent Sample Plot (PSP) dibuat untuk mengetahui dampak kerusakan hutan akibat kegiatan eksploitasi terhadap vegetasi, satwa, laju erosi, dan hidrologi. Pengukuran/pengambilan data diambil dalam 3 periode, yaitu; sebelum kegiatan eksploitasi, setelah kegiatan eksploitasi, dan setelah kegiatan pembuatan jalur tanam sistem TPTJ.


Evaluasi Penerapan RIL

Evaluasi penerapan RIL dilaksanakan untuk mengetahui konsistensi penerapan RIL di lapangan dan juga pengukuran dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pemanenan. Sebagai pendukung evaluasi penerapan RIL juga dilakukan beberapa sub penelitian:

§ Perhitungan Faktor Koreksi (Fk) dan Faktor Eksploitasi (Fe)

Perhitungan Fk dan Fe dilakukan setiap tahun untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemanfaatan kayu dan limbah yang ditinggalkan sebagai bagian dari penerapan RIL yang telah dilaksanakan yang sekaligus dapat dijadikan bahan pertimbangan penentuan JPT (Jatah Penebangan Tahunan).

§ Perhitungan Prestasi Kerja

Perhitungan prestasi kerja kegiatan pemanenan dilakukan pada 3 komponen, yaitu; pembuatan jalan, penebangan (Felling) & penyaradan (Skidding) yang selanjutnya digunakan untuk mengetahui pencapaian target (keluaran), efektivitas dan efisiensi penerapan RIL, serta produktivitas tahunan kegiatan pemanenan.

 

 
Saturday, 18 November 2017

Certificate

certificate
Satu dari sekian banyak hal yang menyumbang kebahagiaan seseorang adalah silaturahmi yang menghasilkan ilmu dan semangat baru.